Jumat, 31 Januari 2020

Tupoksi Wali Kelas

NURUL HUDA. Hari ini (01/02) bertempat di Aula MTs Nurul Huda Sukaraja dilaksanakan kegiatan pembinaan wali kelas oleh Dra. Maryuna selaku pengawas pembina madrasah. Peserta kegiatan pembinaan adalah para wali kelas dari MTs Nurul Huda Sukaraja, MTs NU Sumber Agung, MTs Nurul Islam Kenigaran, dan MTs Al-Islami Tugasari. Hadir juga dalam kegiatan tersebut Bpk. Mukhamad Fathoni, M.Pd.I. (Kepala MTs Nurul Huda Sukaraja) dan Bpk. Marliat, S.Pd., M.M. (Kepala MTs NU Sumber Agung).


DESKRIPSI TUGAS WALI KELAS
MTs NURUL HUDA SUKARAJA OKU TIMUR

A.     Identifikasi Tugas
Tugas yang dimaksud dalam keputusan ini adalah wali kelas masing-masing rombongan belajar MTs Nurul Huda Sukaraja.

B.       Tujuan Penugasan
Membantu kepala madrasah dalam pembimbingan siswa di kelas masing-masing.

C.       Tugas Pokok
Membantu kepala madrasah dalam membimbing santri dalam mewujudkan disiplin kelas, sebagai manajer dan motivator untuk membangkitkan gairah/minat santri untuk beprestasi di kelas.

D.       Uraian Tugas
1.      Pengelolaan kelas, meliputi:
a.       Tugas pokok, meliputi:
1)      Mewakili orang tua dan kepala madrasah dalam lingkungan pendidikan
2)      Membantu pengembangan keterampilan santri
3)      Membantu pengembangan kecerdasan santri
4)      Mempertinggi budi pekerti (akhlakul karimah) dan kepribadian santri
b.      Mengenal dan memahami situasi kelas, meliputi:
1)      Mengetahui jumlah santri (putra dan putri)
2)      Mengetahui nama dan identitas lain dari santri
3)      Mengetahui masalah-masalah yang dihadapi santri, seperti kehadiran, proses pembelajaran, status sosial/ekonomi, dan lain-lain)
c.       Melakukan penilaian terhadap santri, meliputi:
1)      Tingkah laku sehari-hari santri
2)      Kerajinan, ketekunan, kesantunan, dan kepribadian santri
d.      Mengambil tindakan yang dianggap perlu, meliputi:
1)      Pemberitahuan, pembinaan, dan pengarahan
2)      Peringatan secara lisan
3)      Peringatan khusus yang terkait dengan bimbingan konseling
e.       Langkah tindak lanjut, meliputi:
1)      Memperhatikan nilai rapor santri
2)      Memperhatikan keberhasilan/kenaikan santri
3)      Memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan santri
4)      Memperhatikan dan membina suasana kekeluargaan
2.      Penyelenggaraan administrasi kelas
a.       Denah tempat duduk santri
b.      Papan absensi santri
c.       Daftar mata pelajaran
d.      Daftar piket kelas
e.       Struktur organisasi pengurus kelas
f.       Buku peta kelas
g.       Buku absensi santri
h.      Buku jurnal pembelajaran kelas
i.        Buku inventaris barang di kelas
j.        Buku daftar santri berprestasi di kelas
k.      Tata tertib kelas
3.      Penyusunan dan pembuatan statistik bulanan santri
4.      Pembuatan catatan khusus tentang santri
5.      Pencatatan mutasi santri
6.      Mengerahkan santri di kelasnya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan madrasah
7.      Mengarahkan santri agar peduli dengan kebersihan dan peduli dengan lingkungannya
8.      Mengajukan saran dan usul kepada kepala sekolah mengenai santri yang menjadi bimbingannya.
9.      Melakukan home visit (kujungan ke rumah/orang tua ) atau keluarga santri
10.  Membuat laporan tertulis
11.  Memberikan masukan dalam penentuan kenaikan kelas bagi santri di kelasnya
12.  Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar
13.  Pembagian buku laporan penilaian hasil belajar

E.       Koordinasi
1.      Bertanggung jawab langsung kepada kepala madrasah.
2.      Berkoordinasi dengan para wakil kepala madrasah, pembina IKSAN/OSIS, dan guru terkait pelaksanaan pembelajaran di kelas masing-masing.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar